Selasa, 08 September 2009

RUMAH BANTUAN AMDA DITIMPA POHON

Botohenga, Deli Pos

Sebuah rumah hibah dari Association Medical Doctor Asian (AMDA) Jepang berukuran 5 x 7 meter milik Ahmad Sidi Lase alias Ama Dewi (49), pada hari Rabu tanggal 05 Agustus 2009 sekitar pkl. 14.00 WIB dengan tiba-tiba tertimpa oleh pohon besar akibat dari tiupan angin. Akibatnya rumah tersebut semuanya hancur dan diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Rumah yang ditimpa pohon besar tersebut, beralamat di Jl. Onolimbu desa Botohaenga, Kec. Bawalato, Kabupaten Nias.
Dari keterangan yang dihimpun oleh wartawan Deli Pos, (08/09/09) pemilik rumah Ama Dewi menjelaskan kejadian tersebut. Sepulangnya dari bekerja, karena merasa lelah dan sudah terkuras tenaga untuk mencari nafkah. Dengan penuh kasih sayang ia meminta kepada sang istri untuk menyuguhi makanan siang. Sembari sang istri mempersiapkan makanan, tiba-tiba mereka mendengar bunyi, yang akhirnya sang istri mengetahui bahwa pohon yang tingginya 15 meter dengan jarak antara rumahnya kira-kira 10 meter tumbang dan menimpa rumah mereka. Melihat kejadian tersebut, Ama Dewi dengan suara nyaring dan keras berteriak kepada sang istri dan anaknya segera keluar meninggalkan rumah. Ama Dewi mengatakan jikalau bukan kuasa Sang Illahi, mereka bertiga sudah tertimpa dengan pohon tersebut. Sebab, baru saja mereka melewati teras, rumah tersebut terbagi menjadi puing-puing.
Ama Dewi menambahkan, rumah yang dihibahkan oleh AMDA itu, sekitar 2 tahun sudah mereka tempati. Tiba-tiba musibah lagi. Bagaikan pepatah mengatakan sudah jatuh, tertimpa tangga lagi. Diperkirakannya kerugian mereka sekitar 40 juta. Dan yang dapat mereka selamatkan setelah kejadian kondusif hanya sebagian pakaian. Katanya kejadian ini saat itu juga langsung dipaorkan kepada pemerintahan desa Botohaenga. Katanya untung ada famili sehingga mereka dapat tingla untuk sementara. Ianya hanya dapat berharap kiranya semua pihak dapat meringankan penderitaan mereka. Ia mengakhiri pembicaraannya sambil mengeluarkan air mata.
Kepada Desa Botohaenga Taslin Lase (42) kepada wartawan Deli Pos mengatakan, membernarkan bahwa kejadian tersebut telah dilaporkan pihak korban sore itu juga dan langsung pihaknya mendatangi lokasi tersebut. Dari pengamatannya (05/08) pohon tersebut telah menimpa pohon besar dan rumah tersebut rata dengan tanah. Diperkirankan kades Botohaenga kerugian yang dialami oleh Ama Dewi tersebut mencapai pululan juta rupiah. Ditambahkannya setelah kejadian ini dilaporkan kepadanya, pihaknya telah menyurati pihak Camat Bawalato agar membantunya. Sebab Ama Dewi merupakan keluarga kurang mampu. Kades Botohaenga sangat mengharapkan belas kasih semua orang untuk meringankan musibah yang dialami oleh warga desanda tersebut. Tegasnya mengakhiri. (ON)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar