Minggu, 14 Agustus 2011

Banjir Rendam 2 Desa di Kecamatan Lahömi

LAHÖMI, NBC — Hujan yang mengguyur Kabupaten Nias Barat sejak Minggu (14/8/2011) dini hari mengakibatkan Sungai Lahömi meluap dan merendam Desa Ononamölö dan Desa Tiga Serangkai Kecamatan Lahömi. Ketinggian air di badan jalan mencapai 100 sentimeter. Hingga berita ini ditayangkan, air sudah mulai surut.

Meluapnya Sungai Lahömi—yang berhulu dari Kecamatan Lölöwa’u, Kabupaten Nias Selatan—diperkirakan sekitar pukul 05.30 dan baru surut sekitar pukul 08.00.

Akibatnya, sekitar 200 rumah terendam dan sebagian ternak, seperti ayam, hilang disebabkan tidak sempat diselamatkan oleh pemiliknya. Bukan hanya itu, kerugian masyarakat, seperti padi yang sudah menguning, terancam gagal panen karena diterjang banjir. Luas sawah yang tergenang banjir mencapai 3 hektar di 2 desa itu.

Pemantauan NBC pada Minggu pagi, beberapa kendaraan roda dua di Desa Ononamölö mengalami kerusakan dan mogok karena mesinnya tergenang air. Sepanjang jalan mulai dari persimpangan Bawadasi—setelah Kantor KPU Nias Barat—menuju Simpang Tiga Lahömi di Desa Sisobandao terendam banjir.

Pada sore Minggu ini, terlihat banyak warga sibuk memperbaiki sepeda motornya yang mogok terendam banjir. [ON]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar